15 Juli 2012

Perawatan ayam bangkok aduan selama bulan puasa

Hallo rekan-rekan sehobby,sudah lama saya tidak mengupdate blog kita ini yang disebabkan karena sibuk menyelesaikan website baru untuk rekan-rekan yang hobby mancing ikan.Alahamdulillah akhirnya selesai juga website dengan domain www.mancingikanmas.com.

Ohya....tak lama lagi hanya tinggal 4 hari lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa,untuk itu marilah kita maaf-maafan semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah s.w.t.

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan hendaklah kita juga berpuasa untuk mengadu/mengabar sijago kita agar tidak membatalkan puasa yang akan kita jalani nantinya.Walaupun demikian namun sijago kita jangan dibiarkan juga nganggur alias tidak dikasih kerjaan.Sebab kalau sijago kita nganggur selama bulan puasa bisa-bisa malah kelebihan bobot badan.

Nah...untuk itu kita perlu untuk merawatnya supaya tidak terjadi kelebihan berat badan dan agar tetap lincah dan gesit sehabis bulan suci Ramadhan nantinya.Adapun cara untuk perawatannya tidak terlalu rumit yaitu kita harus memperlakukannya seperti hari-hari biasa terkecuali mengadu/mengabarnya.

Sebaiknya perlakuan untuk ayam aduan selama bulan puasa adalah:
1. Tetap memberikan makan seperti biasa dengan mengurangi sedikit jumlah takarannya agar sijago kita nantinya tidak kegemukan.
2. Melakukan penjemuran seperti  biasa yaitu pada pagi hari 1 - 2 jam setiap harinya,Jika hujan pada pagi hari ayam aduan boleh dijemur pada sore harinya selagi masih ada panas Matahari.
3. Ayam tetap direnangkan boleh dilakukan seminggu sekali untuk menjaga berat badan tetap normal dan menjaga agar urat-urat pada kaki ayam aduan tidak kaku nantinya.
4. Berikan multivitamin seminggu sekali agar ayam aduan tetap fit dan mempunyai gairah.
5. Dan jangan lupa memberikan jamu seperti yang telah saya bahas pada buku panduan mustika ayam.

Ya...hanya itu! Cukup 5 langkah diatas anda lakukan untuk menjaga agar ayam bangkok aduan anda tetap fit selama bulan puasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Saya tunggu komentar anda...